Pengertian Niche Marketing dan Contohnya
Untuk memahami pengertian niche marketing, teman-teman bisa mengambil contoh dalam ekologi (ilmu yang mempelajari interaksi organisme dengan lingkungannya).
Dalam ekologi, suatu ceruk atau niche bisa dikatakan sebagai tempat yang dihuni oleh organisme tertentu.
Sedangkan dalam pemasaran, niche biasanya mengacu pada suatu produk tertentu yang dibuat untuk memenuhi suatu kebutuhan atau keinginan khusus.
Lingkup niche marketing biasanya lebih kecil, karena fokus pada segmen pasar tertentu dan fokus hanya pada kebutuhan / keinginan tertentu saja.
Sebagai contoh niche marketing, ASUS mengeluarkan produk laptop ROG (Republic Of Gamers) yang memang membuat produk untuk memenuhi kebutuhan para gamers profesional. Tidak hanya laptop, namun juga banyak produk yang memang dibuat khusus untuk memenuhi kebutuhan gamers seperti aksesoris gaming.
Nah, demikian penjelasan singkat mengenai niche marketing. Semoga bisa menambah wawasan pembaca sekalian.
Dalam ekologi, suatu ceruk atau niche bisa dikatakan sebagai tempat yang dihuni oleh organisme tertentu.
Sedangkan dalam pemasaran, niche biasanya mengacu pada suatu produk tertentu yang dibuat untuk memenuhi suatu kebutuhan atau keinginan khusus.
Lingkup niche marketing biasanya lebih kecil, karena fokus pada segmen pasar tertentu dan fokus hanya pada kebutuhan / keinginan tertentu saja.
Sebagai contoh niche marketing, ASUS mengeluarkan produk laptop ROG (Republic Of Gamers) yang memang membuat produk untuk memenuhi kebutuhan para gamers profesional. Tidak hanya laptop, namun juga banyak produk yang memang dibuat khusus untuk memenuhi kebutuhan gamers seperti aksesoris gaming.
Nah, demikian penjelasan singkat mengenai niche marketing. Semoga bisa menambah wawasan pembaca sekalian.
Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.
BalasHapus